Kamis, 31 Januari 2013

Pengertian, Tujuan dan Jenis Jaringan Komputer dan Internet


Pengertian Jaringan Komputer
Jaringan Komputer —adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer, software dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama
Tujuannya:
  • —Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk
  • —Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting
  • Akses informasi: contohnya web browsing
Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Skala nya:
  • Local Area Network (LAN): suatu jaringan komputer yang menghubungkan suatu komputer dengan komputer lain dengan jarak yang terbatas.
  • —Metropolitant Area Network (MAN): prinsip sama dengan LAN, hanya saja jaraknya lebih luas, yaitu 10-50 km.
  • Wide Area Network (WAN): jaraknya antar kota, negara, dan benua. ini sama dengan internet.
Jenis Jaringan Berdasarkan Fungsinya:
—Pada dasarnya setiap jaringan komputer ada yang berfungsi sebagai client dan juga server. Tetapi ada jaringan yang memiliki komputer yang khusus didedikasikan sebagai server sedangkan yang lain sebagai client. Ada juga yang tidak memiliki komputer yang khusus berfungsi sebagai server saja. Karena itu berdasarkan fungsinya maka ada dua jenis jaringan komputer:

—Client-server
Yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih. Contohnya adalah sebuah domain seperti www.detik.com yang dilayani oleh banyak komputer web server. Atau bisa juga banyak service/layanan yang diberikan oleh satu komputer. Contohnya adalah server jtk.polban.ac.id yang merupakan satu komputer dengan multi service yaitu mail server, web server, file server, database server dan lainnya.
—Peer-to-peer
Yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Contohnya dalam file sharing antar komputer di Jaringan Windows Network Neighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama A,B,C,D dan E) yang memberi hak akses terhadap file yang dimilikinya. Pada satu saat A mengakses file share dari B bernama data_nilai.xls dan juga memberi akses file soal_uas.doc kepada C. Saat A mengakses file dari B maka A berfungsi sebagai client dan saat A memberi akses file kepada C maka A berfungsi sebagai server. Kedua fungsi itu dilakukan oleh A secara bersamaan maka jaringan seperti ini dinamakan peer to peer.
—Internet
Arti dari internet  sangatlah luas, internet itu sendiri merupakan singkatan kata interconnection-networking, bila diartikan secara sederhana internet merupakan sebuah jaringan komputer yang mencakup seluruh penjuru dunia yang saling terhubung satu sama lain dengan menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) yang sering kita jumpai di internet berupa Alamat IP itu loh. Sehingga antara komputer dapat saling mengakses informasi dan bertukar data seperti halnya fungsi dari jaringan yang tadi telah saya utarakan diatas.

Sejarah Internet
Bermula pada sekitar tahun 1969, Departemen Pertahanan USA mengadakan sebuah proyek ARPA – ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) proyek ini bertujuan untuk melakukan demontrasi bagaimana bisa melakukan komunikasi tanpa ada batasan jarak (jarak tak terhingga) melalui saluran telepon menggunakan hardware dan software komputer berbasis Sistem Operasi UNIX. pada proyek ARPANET tersebut sesudah dirancang wujud jaringan dengan standarisasi kehandalan serta seberapa besar info bisa dipindahkan untuk saling sharing maka terbentuklah sesuatu protokol baru yang dikenal tcp/ip ( transmission control protocol/internet protocol ). tujuan awal mulanya dari proyek ARPANET sesungguhnya cuma terbatas pada kepentingan militer saja, pada saat itu sistem jaringan komputer yang dibikin untuk menghubungkan komputer pada daerah/wilayah yang vital.
ARPANET pada th. 1969 awalannya cuma menghubungkan 4 website saja salah satunya yakni stanford research institute, university of california, santa barbara, university of utah menjadi jaringan yang terpadu. lantas pada bln. oktober 1972 arpanet diperkenalkan bagi umum serta tidak lama kmudian berkembang amat cepat di semua lokasi hingga arpanet kesusahan saat mengaturnya. maka arpanet di pecah jadi dua sisi yakni milnet untuk kepentingan militer serta arpanet yang lebih kecil didalam kepentingan non-militer. bersamaan waktu paduan pada ke-2 jaringan tersebut dikenal penduduk luas dengan nama darpa internet serta lantas disederhanakan lagi jadi internet yang layaknya saat ini ini kita kenal. arti internet pertama kali dipakai pada th. 1982 dengan perubahan name server yang sangat mungkin beberapa pengguna bisa terhubung pada satu host yang spesifik.
internet sudah berkembang amat cepat dan penggunanya semakin bertambah dengan beragam service yang dapat diperoleh baik saat mengakses info dari beragam website, komunikasi live chat, e-mail gratis, serta sharing data  dengan segera memakai software serta tools spesifik atau memakai file transfer protocol ( ftp ). internet mesti digunakan dengan bijak , melindungi keamanan komputer yang terhubung memakai antivirus terbaik juga harus dilakukan untuk melindungi data-data kita pada saat terkneksi ke internet.
Pengertian internet jaringan komputer sendiri makin luas bersamaan perubahan teknologi komputer serta telekomunikasi dibarengi beragam jenis service online yang dapat diperoleh sekarang ini. Internet saat ini telah kita lihat serta rasakan sendiri maknanya didalam kehidupan sehari-hari. sangat banyak manfaat dari internet baik untuk menolong didalam beragam masalah hidup dengan memperoleh pemecahannya diberbagai website, menolong pekerjaan serta internet itu sendiri bahkan dapat  dijadikan tempat mencari uang, menolong tugas sekolah serta juga fasilitas hiburan yang begitu lengkap disajikan didunia online dengan terhubung ke internet.
Demikian Postingan mengenai Pengertian, Tujuan dan Jenis Jaringan Komputer dan Internet ini, semoga bermanfaat.

Keyword Pencarian yang Masuk:

  • jenis jaringan komputer
  • jenis jaringan internet
  • perangkat keras internet
  • jenis jenis jaringan internet
  • jenis-jenis jaringan internet
  • pengertian jaringan komputer dan internet
  • jenis-jenis jaringan komputer
  • perangkat keras komputer
  • macam -macam jaringan komputer
  • macam jaringan komputer berdasarkan fungsi

1 komentar:

  1. saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    BalasHapus