MANAJEMEN KONSTRUKSI
PENDAHULUAN
BERBAGAI DALAM DAN LUAR NEGERI DIBACA, ADA 315
PENGERTIAN MANAJEMEN. TIGA RATUS LIMA BELAS PENGERTIAN MANAJEMEN TERSEBUT,
DIANALISIS TITIK TEMU KESAMAAN SEKALIGUS PERBEDANNYA BERBASIS LATAR BELAKANG
PENDIDIKAN PENULIS SENDIRI ADALAH BIDANG MANAJEMEN. SEHINGGA KETEMU SUDAH
TERDAPAT TUJUH KELOMPOK ARTI MANAJEMEN.
TUJUH ARTI MANAJEMEN
- MANAJEMEN
SEBAGAI ALAT ATAU CARA. INI MEMPUNYAI
ARTI PENGGUNAAN MANUSIA, UANG, BAHAN-BAHAN, PERLENGKAPAN DAN METODE SECARA EFEKTIF DEMI MENCAPAITUJUAN.
- MANAJEMEN
SEBAGAI KEKUATAN. ARTINYA, SEBUAH KEKUATAN YANG MEMIMPIN, MEMBERI PANDUAN,
DAN MENGARAHKAN SUATU ORGANISASI UNTUK MENCAPAI TUJUAN YANG TELAH
DITETAPKAN.
- MANAJEMEN
SEBAGAI SISTEM. SISTEM PERILAKU KERJASAMA MANUSIA YANG DIARAHKAN DALAM
MENCAPAI TUJUAN LEWAT AKTIFITAS-AKTIFITAS RASIONAL
BERKESINAMBUNGAN.
- MANAJEMEN
HUGA SEBAGAI PROSES. PROSES PENCAPAIAN HASIL YANG DIINGINKAN VIA
PENGGUNAAN SUMBER DAYA SECARA EFISIEN.
- MANAJEMEN
SEBAGAI FUNGSI. INI BERARTI, FUNGSI DARI DEWAN MANAJER ATAU SERING DISEBUT
MANAJEMEN UNTUK MENETAPKAN KEBIJAKAN, KEBIJAKSANAAN-KEBIJAKSANAAN SERTA
BERTANGGUNG JAWAB DALAM MEMBENTUK STRUKTUR ORGANISASI UNTUK MELAKSANAKAN
KEBIJAKAN YANG DITETAPKANNYA.
- MANAJEMEN
SEBAGAI TUGAS. TUGAS DARIPADA PERENCANAAN, PENGORGANISASIAN, PEMOTIVASIAN
DAN PENGAWASAN MENCAPAI SATU ATAU LEBIH TUJUAN.
- MANAJEMEN
SEBAGAI AKTIFITAS. SEBAGAI AKTIFITAS KATA MANAJEMEN MERUJUK PADA ARTI
PENCAPAIAN TUJUAN YANG TELAH DITETAPKAN MELALUI USAHA-USAHA YANG DILAKUKAN
ORANG LAIN.
MANAJEMEN MEMUNCULKAN DIRINYA SEBAGAI AKTIFITAS YANG
DILAKUKAN SEKELOMPOK ORANG DALAM SUATU SISTEM RELATIONSHIP DENGAN PERTOLONGAN
SUMBER DAYA BERSAMA SELURUH FASILITAS MENCAPAI TUJUAN YANG HENDAK DIPEROLEH
SECARA EFEKTIF DAN EFISIEN. AAH PAK DJOKO APALAH ARTI SEBUAH NAMA.
JADI
MANAJEMEN SECARA LUAS BERARTI MENGELOLA. (IMAM MULYANA)
Prinsip manajemen
PRINSIP-PRINSIP DALAM MANAJEMEN BERSIFAT LENTUR DALAM
ARTI BAHWA PERLU DIPERTIMBANGKAN SESUAI DENGAN KONDISI-KONDISI KHUSUS DAN
SITUASI-SITUASI YANG BERUBAH. MENURUT HENRY FAYOL, SEORANG PENCETUS TEORI MANAJEMEN
YANG BERASAL DARI PERANCIS, PRINSIP-PRINSIP UMUM MANAJEMEN INI TERDIRI DARI:
- PEMBAGIAN
KERJA (DIVISION OF WORK)
- WEWENANG
DAN TANGGUNG JAWAB (AUTHORITY AND RESPONSIBILITY)
- DISIPLIN
(DISCIPLINE)
- KESATUAN
PERINTAH (UNITY OF COMMAND)
- KESATUAN
PENGARAHAN (UNITY OF DIRECTION)
- MENGUTAMAKAN
KEPENTINGAN ORGANISASI DI ATAS KEPENTINGAN SENDIRI
- PENGGAJIAN
PEGAWAI
- PEMUSATAN
(CENTRALIZATION)
- HIRARKI
(TINGKATAN)
- KETERTIBAN
(ORDER)
- KEADILAN
DAN KEJUJURAN
- STABILITAS
KONDISI KARYAWAN
- PRAKARSA
(INISIATIVE)
- SEMANGAT
KESATUAN, SEMANGAT KORPS
Manajer
Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang
lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi.
Piramida jumlah karyawan pada organisasi dengan
struktur tradisional, berdasarkan tingkatannya.
Pada organisasi berstruktur tradisional, manajer
sering dikelompokan menjadi manajer puncak, manajer tingkat menengah, dan
manajer lini pertama (biasanya digambarkan dengan bentuk piramida, di mana
jumlah karyawan lebih besar di bagian bawah daripada di puncak).
TINGKATAN MANAJER
Tingkatan
manajer mulai dari bawah ke atas:
Manejemen lini pertama (first-line management), dikenal pula dengan istilah
manajemen operasional, merupakan manajemen tingkatan paling rendah yang
bertugas memimpin dan mengawasi karyawan non-manajerial yang terlibat dalam
proses produksi. Mereka sering disebut penyelia (supervisor), manajer shift,
manajer area, manajer kantor, manajer departemen, atau mandor (foreman).
Manajemen tingkat menengah (middle management), mencakup semua manajemen yang
berada di antara manajer lini pertama dan manajemen puncak dan bertugas sebagai
penghubung antara keduanya. Jabatan yang termasuk manajer menengah di antaranya
kepala bagian, pemimpin proyek, manajer pabrik, atau manajer divisi.
Manajemen puncak (top management), dikenal pula dengan istilah executive
officer. Bertugas merencanakan kegiatan dan strategi perusahaan secara umum
dan mengarahkan jalannya perusahaan. Contoh top manajemen adalah CEO (Chief
Executive Officer), CIO (Chief Information Officer), dan CFO (Chief
Financial Officer).
KETERAMPILAN MANAJER
MANAJEMEN KONSTRUKSI
MANAJEMEN
KONSTRUKSI TERDIRI DARI DUA KATA YAITU :
MANAJEMEN (MANAGEMENT)
KONSTRUKSI (CONSTRUCTION)
Manajemen ialah suatu proses nyata yang terdiri dari
perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing),
pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (controlling), yang
masing masing saling memanfaatkan dalam bidang ilmu pengetahuan (science)
maupun keahlian (art), dalam rangka untuk mencapai mencapai tujuan
sasaran yang telah ditetapkan.
KONSTRUKSI
Pengertian konstruksi dalam masyarakat masih banyak
kerancuan-kerancuan. Istilah konstruksi beton, konstruksi baja, konstruksi kayu
misalnya, seringkali masih digunakan untuk maksud mengartikan struktur rangka
beton, struktur baja, struktur kayu. Kerancuan ini kemungkinan timbul karena di
masa lalu kita pernah menggunakan sebagai padanan kata constructie
(bahasa Belanda, struktur) yang artinya berlainan dengan kata construction
(bahasa Inggris, pembangunan).
MANAJEMEN KONSTRUKSI
Manajemen konstruksi yang selama ini digunakan oleh
kalangan luas adalah padanan dari istilah bahasa Inggris construction
management yang berarti pengelolaan pembangunan sesuatu bangunan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar